Rabu, 28 Juni 2023

ISHAK ATAU ISMAEL


Yak 2:21 Bukankah Abraham, bapa kita, dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya, ketika ia mempersembahkan Ishak, anaknya, di atas mezbah?
 

AUDIO: https://app.box.com/s/bpm640h2nk77q958w3f5oq1nmyayw71u 

Kisah Abraham, Ishak,Ismael tertulis di kitab kejadian dimana para ahli alkitab sepakat penulisnya adalah Musa. Musa sendiri lahir dimasa pemerintahan Firaun, tradisi Yahudi mengatakan kemungkinan Firaun ramses II abad 13 SM.

Kisah Abraham mengorbankan anaknya Ishak yang tertulis di Kej pasal 22 pada 1500th kemudian dikutip lagi di kitab ibrani 11:17 tanpa mengubah namanya,tetap otentik dikatakan Ishak lah yang dipersembahkan.

Sdr...ketika PB mengutip perkataan,kisah dan peristiwa dari kitab nabi-nabi besar atau nabi-nabi kecil, ataupun mengutip dari kitab taurat, isinya tidak pernah diralat, entah kisah baik atau buruk, entah kejatuhan atau kepahlawanan, alkitab akan memberitakan apa adanya persis sesuai peristiwa yang dimaksud.

Walaupun alkitab ditulis sekitar antara tahun 45-95,alkitab hadir bukan meniadakan, meralat kisah sejarah yang sudah pernah ada dan sudah ada namun alkitab memperjelas maksud-maksud kisah tersebut, sehingga terpahami apa yang menjadi rencana Allah bagi umatNya.

Sdr Ishaklah yang dikorbankan ! Abraham gambaran Allah Bapa yang tidak segan-segan memberikan anaknya yang tunggal demi keselamatan manusia dari kutukan dosa. Yoh 3:16 Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. amin (Agus Winardi)

bm

"Dadi Banyu Ojo Wedi Aro Watu|Air tidak boleh takut dengan batu".

avatar
Admin RENUNGAN 2 MENIT Online
Welcome to RENUNGAN 2 MENIT theme
Chat with WhatsApp