Senin, 19 Juni 2023

PERSEPSI PUBLIK ZAMAN ALKITAB


1Sam 8:4 ¶ Sebab itu berkumpullah semua tua-tua Israel; mereka datang kepada Samuel di Rama
1Sam 8:5 dan berkata kepadanya: "Engkau sudah tua dan anak-anakmu tidak hidup seperti engkau; maka angkatlah sekarang seorang raja atas kami untuk memerintah kami, seperti pada segala bangsa-bangsa lain."
1Sam 8:7 TUHAN berfirman kepada Samuel: "Dengarkanlah perkataan bangsa itu dalam segala hal yang dikatakan mereka kepadamu, sebab bukan engkau yang mereka tolak, tetapi Akulah yang mereka tolak, supaya jangan Aku menjadi raja atas mereka.


Bukan kualitas Allah yang dipersoalkan namun Allah ditolak karena suara orang banyak, karena persepsi yang terbentuk saat itu. Mereka ingin "raja yang kelihatan",daripada "raja yang tidak kelihatan" sehingga mereka sepakat menginginkan seorang TOKOH raja.

Hati-hati,tidak selalu yang dipilih orang banyak, yang dinginkan orang banyak, yang dianggap positif orang banyak pasti benar, ternyata mereka salah. Kita tahu Saul yang dibangga-banggakan, yang dielu-elukan dikemudian hari justru tidak mampu membawa umat Israel menjadi lebih baik. 

Ikuti kebenaran firman Tuhan dengan baik, sebab firman tidak pernah berubah dan jangan terseret oleh persepsi yang belum tentu benar terlebih hari ini jaman medsos dimana antara yang benar dan yang salah sangat tipis jaraknya. amin (Agus Winardi)

bm

"Dadi Banyu Ojo Wedi Aro Watu|Air tidak boleh takut dengan batu".

avatar
Admin RENUNGAN 2 MENIT Online
Welcome to RENUNGAN 2 MENIT theme
Chat with WhatsApp