Rabu, 05 Juli 2023

DEWASA DALAM SEGALA HAL


Yoh 9:21b ....ia sudah dewasa, ia dapat berkata-kata untuk dirinya sendiri."

MAKNA DEWASA.

Kedewasaan jika dikaitkan dengan fisik berarti bicara tentang kematangan tubuh secara fisik, seperti tinggi badan maksimal,dan kemampuan fisik yang memadai.
Kedewasaan jika dikaitkan dengan rohani berarti mengacu pada pertumbuhan dan perkembangan seseorang dalam iman dan hubungannya dengan Allah. Ini melibatkan pemahaman yang lebih dalam tentang ajaran-ajaran Alkitab.

Kedewasaan jasmani adalah sesuatu yang alamiah, asalkan orang makan teratur, vitamin cukup,olahraga cukup, istirahat cukup maka dewasa fisik pasti tercapai dengan sendirinya.

Berbeda dengan kedewasaan rohani, ini sebuah kedewasaan yang tidak muncul begitu saja namun ada proses kontinyunitas dimana selain makan firman Tuhan orang tersebut harus mempraktekkan firman, dia harus mau diuji/diproses dalam hidupnya.Inilah yang sering diingatkan dialkitab... "berbahagialah yang mendengar dan melakukan Firman"

Darimana kita tahu kalau kita sudah dewasa?

1. Dari jenis makananya.
1Kor 3:2 Susulah yang kuberikan kepadamu, bukanlah makanan keras, sebab kamu belum dapat menerimanya. Dan sekarangpun kamu belum dapat menerimanya.
Ibr 5:14 Tetapi makanan keras adalah untuk orang-orang dewasa, yang karena mempunyai pancaindera yang terlatih untuk membedakan yang baik dari pada yang jahat.

2. Dari pembicaraannya.

1Kor 13:11 Ketika aku kanak-kanak, aku berkata-kata seperti kanak-kanak, aku merasa seperti kanak-kanak, aku berpikir seperti kanak-kanak. Sekarang sesudah aku menjadi dewasa, aku meninggalkan sifat kanak-kanak itu.

Bahasa sdr bahasa surga atau bahasa dunia?
Contoh:
Rm 12:14 Berkatilah siapa yang menganiaya kamu, berkatilah dan jangan mengutuk!
Ef 4:29 Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia.

3. Dari apa yang dihasilkan.
Mrk 4:20 Dan akhirnya yang ditaburkan di tanah yang baik, ialah orang yang mendengar dan menyambut firman itu lalu berbuah, ada yang tiga puluh kali lipat, ada yang enam puluh kali lipat, dan ada yang seratus kali lipat."
(teorinya-pohon mangga semakin tua semakin banyak buahnya)

Persembahan apa yang bisa kita lakukan bt Tuhan?

1. Persembahkan jiwa2.
2. Kepedulian thd pelayanan.

Pelayanan itu ibarat mata rantai yang sedang diputar,andai rantai sepeda tsb diwarnai. merah,hijua kuning,putih,hitam, maka mata rantai tsb semua penting dan semua harus difungsikan tidak boleh diabaikan, karena kalau putus salah satunya, sehebat apapun rantai tsb, maka akan cacat dan tdk berfungsi. pesan saya jgn abaikan salah satunya.

Ada pendeta, namun tidak ada jemaat bisa fungsi tidak?... artinya pendeta sehebat apapun tidak boleh mengabaikan keberadaan jemaat, harus dirawat, diperhatikan, didoakan, dibekali spy py daya tahan dlm hidup sehari-hari.

Ada jemaat namun tidak ada pendeta bisa fungsi tidak?... artinya sehebat apapun jemaat jgn abaikan pendeta, harus dirawat,diperhatikan,didoakan,ditopang sebab siapa lagi yg menopang kalau bukan jemaat lokal?

Ada Pdt, ada Jemaat namun tidak ada pelayan Tuhan, ini sangat tidak sehat. (lama2 jadi pabrik bonsai, hidup tapi kuntet,kecentet,kerdil... hidup tidak sebagaimana mestinya)
1Kor 12:15 Andaikata kaki berkata: "Karena aku bukan tangan, aku tidak termasuk tubuh," jadi benarkah ia tidak termasuk tubuh?
1Kor 12:16 Dan andaikata telinga berkata: "Karena aku bukan mata, aku tidak termasuk tubuh," jadi benarkah ia tidak termasuk tubuh?
1Kor 12:17 Andaikata tubuh seluruhnya adalah mata, di manakah pendengaran? Andaikata seluruhnya adalah telinga, di manakah penciuman?
1Kor 12:18 Tetapi Allah telah memberikan kepada anggota, masing-masing secara khusus, suatu tempat pada tubuh, seperti yang dikehendaki-Nya.

Jadilah dewasa. amin (Agus Winardi)

bm

"Dadi Banyu Ojo Wedi Aro Watu|Air tidak boleh takut dengan batu".

avatar
Admin RENUNGAN 2 MENIT Online
Welcome to RENUNGAN 2 MENIT theme
Chat with WhatsApp