Selasa, 11 Juli 2023

MAKNA SUNAT


Kis 7:8 Lalu Allah memberikan kepadanya perjanjian sunat; dan demikianlah Abraham memperanakkan Ishak, lalu menyunatkannya pada hari yang kedelapan; dan Ishak memperanakkan Yakub, dan Yakub memperanakkan kedua belas bapa leluhur kita.


ASAL USUL SUNAT DIMULAI DARI ABRAHAM
Kej 17:13 Orang yang lahir di rumahmu dan orang yang engkau beli dengan uang harus disunat; maka dalam dagingmulah perjanjian-Ku itu menjadi perjanjian yang kekal.

Allah berfirman pada Abraham dan anak-anaknya, dan orang serumahnya bahwa mereka harus disunat, Sunat didalam hukum taurat berbicara tentang perjajian Allah dan umatNya, sunat menjadi tanda yang membedakan umat Allah dan bukan umat Allah.  

Sunat diwaktu itu menjadi sebuah tujuan agar masuk dalam perjanjian Allah, saat itu orang belum bisa disebut sebagai orang benar jika belum disunatkan.

Perjanjian sunat ini dijalankan sampai digenapi oleh Tuhan Yesus sendiri.
Luk 2:21 ¶ Dan ketika genap delapan hari dan Ia harus disunatkan, Ia diberi nama Yesus, yaitu nama yang disebut oleh malaikat sebelum Ia dikandung ibu-Nya.

Sejak itu Yesus mengajarkan bahwa nilai seseorang bukan berasal dari sunat fisik, namun sunat hati.

Gal 5:6 Sebab bagi orang-orang yang ada di dalam Kristus Yesus hal bersunat atau tidak bersunat tidak mempunyai sesuatu arti, hanya iman yang bekerja oleh kasih.Gal 6:12 Mereka yang secara lahiriah suka menonjolkan diri, merekalah yang berusaha memaksa kamu untuk bersunat, hanya dengan maksud, supaya mereka tidak dianiaya karena salib Kristus.

BAGAIMANA DENGAN ORANG KRISTEN HARI INI? APAKAH SUNAT PERLU?
Sunat hari ini adalah karena pertimbangan, bukan sebuah tujuan iman.
Misalkan ada beranggapan kalau nggak sunat kafir, nggak masuk sorga. Ini sebuah pengertian yang salah, Padahal sekalipun bersunat sekalipun jika hidupnya tidak benar pasti  dihukum, orang yang tidak bersunat namun hidupnya sesuai firman maka dia pasti lepas dari hukuman.

Pertimbangan sunat... agar lebih sehat. walaupun urusan sehat tidak sepenuhnya ditentukan oleh sunat. Pertimbangan sunat ... (karena soal sunat sering mjd pintu masuk perundungan)

SUNAT DILIHAT DARI KEBENARAN FIRMAN TUHAN?

Roma 2:29 Tetapi orang Yahudi sejati ialah dia yang tidak nampak keyahudiannya dan sunat ialah sunat di dalam hati, secara rohani, bukan secara hurufiah. Maka pujian baginya datang bukan dari manusia, melainkan dari Allah.

Ul 10:16 Sebab itu sunatlah hatimu dan janganlah lagi kamu tegar tengkuk.

Yer 4:4 Sunatlah dirimu bagi TUHAN, dan jauhkanlah kulit khatan hatimu, hai orang Yehuda dan penduduk Yerusalem, supaya jangan murka-Ku mengamuk seperti api, dan menyala-nyala dengan tidak ada yang memadamkan, oleh karena perbuatan-perbuatanmu yang jahat!"

KESIMPULAN TENTANG SUNAT

Sunat jasmani hanya terjadi satu kali seumur hidup, namun sunat hati harus dilakukan seumur hidup. Sunat jasmani hanya memberkati diri sendiri, sunat hati memberkati siapapun. Dalam kontek Perjanjian Baru, sunat tidak ada artinya, boleh dilakukan boleh juga tidak.
Amin (Agus Winardi)


bm

"Dadi Banyu Ojo Wedi Aro Watu|Air tidak boleh takut dengan batu".

avatar
Admin RENUNGAN 2 MENIT Online
Welcome to RENUNGAN 2 MENIT theme
Chat with WhatsApp